f April 2012 ~ Drs. SUPRIADI, MSI

AHLAN WA SAHLAN BIKHUDURIKUM FI WEBSITE PPAI DURENAN

Anda Menjelajah Website Resmi Drs. Supriadi, MSI Pengawas Pendidikan Agam Islam Kecamatan Durenan.

Visi

Menumbuhkan Wahana Silaturahmi, Informasi dan Komunikasi Pendidikan Islam.

Misi

IT (Informasi dan Tehnologi) sebagai sarana pokok untuk Menunjang Edukasi Islam di Trenggalek.

Pembinaan dan Komunikasi dengan Lintas Praktisi dan Akademisi

Dengan Jalinan Silaturahmi dan Sistem Komunikasi Integral Akan Menumbuhkan Etos Kerja Tinggi

Anak dan Pemuda

Semua Urusan Kemajuan Ummat dan Bangsa Berada di Tangan Mereka.

Senin, 30 April 2012

PENGAWAS UN SD/MI DARI MI DURENAN HARUS SELAYAKNYA PEGAWAI INDOMARET

Berbicara karakter ata akhlak bahasa islamnya, di lingkungan madrasah sudah ada sejak Islam itu ada, bukan barang baru yang baru hadir di madrasah. Tentu saja jauh sebelum madrasah dilahirkan konsep penanaman akhlak atau karakter itu sudah ada. Prinsip di madrasah penanaman karakter dengan uswatun hasanah, bukan teori yang harus dihafal dikepala. Dari sini wajib adanya untuk guru madrasah itu: ing ngarsa sung tuladha ing madya mangun karsa, tutwuri handayani tentu saja ikhlas beramal juga. Tidak terkecuali pengawas ruang UN SD/MI dari MI yang bertugas dimanapun pada lembaga tetangga sekalipun, karena akhlak tidak mengenal batas dan dikotomi.

Sabtu, 28 April 2012

KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR (KMD) "ARGOAYU" LIX KWARCAB TRENGGALEK TAHUN 2012

Mari kita kembangkan Kegiatan Ekstra Kurikuler di MI sebagai upaya menanamkan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa dengan salah satu ekstra kurikuler Pendidikan Kepramukaan. Agar pendidikan kepramukaan sesuai dengan amanat UU No. 12 tahun 2010 dan metodologinya tepat, para Pembina Pramuka MI minimal berijasah KMD dan memiliki SHB ( Surat Hak Bina ).  PUSDIKLATCAB Kepramukaan Kwarcab Trenggalek akan menyelenggarakan KMD pada tanggal, 17 - 23 Mei 2012 bertempat di Gudep Pangkalan SMAN I Karangan khusus untuk Pembantu Pembina. Sayangnya Pembina dari MI belum banyak yang mendaftar. Bagaimana mungkin Pramuka di MI akan bisa bersaing dengan lembaga tetangga dekat. Dapatkan informasi selengkapnya di Kwarcab Trenggalek.

RA/BA DI KEC. DURENAN TIDAK MAU KETINGGALAN ICT

Seluruh Guru dan Kepala RA dan BA  dari 7 RA/BA di Kec. Durenan dengan secepat kilat merespon dan mengantisipasi maksud dan arah tujuan kebijakan pendidikan pada wilayah Kankemenag Trenggalek. RA/BA yang maksud tujuan serta waktu pendiriannya seiiring dengan berdirinya MI, selama ini sangat tergantung dan selalu menunggu uluran tangan dari MI. Pada sisi materiil dan spirituil bisa demikian, tetapi pada sisi pengembangan tidaklah demikian, karena MI harus berjalan pada rilnya sendiri dan RA/BA juga demikian dengan masinis yang berbeda.

BIMTEK UN MI TAHUN 2012 UNTUK PANITIA DAN PENGAWAS RUANG ( MI se- Kec. Durenan )

POS (Petunjuk Operasional Standar) UN untuk SD/MI tahun 2012 dibandingkan dengan POS tahun sebelumnya tidaklah banyak mengalami perubahan. Oleh karena itu bisa dikata bahwa UN adalah merupakan rutinitas bagi kita, tetapi bagi peserta tidak demikian halnya begitu juga bagi Pengawas Ruang. Karena Peserta UN tahun sekarang bukanlah peserta tahun yang lalu dan bisa jadi yang tahun lalu menjadi  pengawas ruang sekarang digantikan orang lain. Prosesi UN tidak dapat kita sepelekan, mengingat UN adalah hajat nasional/negara yang harus kita sukseskan.

Kamis, 26 April 2012

PEMIKIRAN PENDIDIKAN



Lima Tipe Pemikiran Kependidikan
T
Tipe 1: SANGAT KONSERVATIF!!
Anda sangat konservatif tentang praktik pendidikan. Pemikiran pendidikan ini dinamakan Perenialisme, sebuah pemikiran yang paling tua dan yang paling konservatif, tetapi bahkan hingga sekarang di dunia ini banyak sekolah mempertahankannya dalam melakukan kegiatan pendidikan. Jenis orang seperti ini berpikir bahwa pendidikan bertujuan untuk mendorong intelektualitas sumber daya manusia melalui pengajaran pengetahuan yang baku dan nilai-nilai sosial yang dibangun di masa lalu oleh para profesional dan guru yang berwawasan dalam rangka menciptakan masyarakat yang lebih baik dan bangsa intelek. Siswa harus mendapatkan pengetahuan penting seperti itu dan nilai-nilai sebanyak mungkin untuk menjadi pintar dan orang berguna untuk masyarakat. Selama mengajar, minat dan motivasi siswa mendapat sedikit perhatian.

MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DENGAN LESSON STUDY ( RA/BA/TA KEC. DURENAN )

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) yang pada RA/BA/TA disebut SKH ( Satuan Kegiatan Harian ) pada umumnya adalah produk jama'ah pada IGRA atau KKG RA/BA/TA yang tentu saja apabila hal itu diterapkan pada lembaganya masing - masing tidak bisa ditelan mentah-mentah karena kondisi dan situasi RA/BA/TA yang satu dengan yang lain tidak sama. Dalam upaya menguji tersebut apakah SKH itu benar-benar baik ingatlah bahwa SKH yang baik siapapun yang menerapkan atau menggunakannya akan diperoleh hasil yang sama sebagaimana indikator atau tujuan yang diinginkan.

RENUNGAN HARI KARTINI 2012


Jangan Korbankan Wanita!

( Diambil Oleh: Drs. Supriadi, MSI dari Blogg MAN 3 Malang )
Bro en Sis pembaca setia gaulislam, ketika akan menulis edisi ini, saya jadi inget tulisan saya waktu jadi editor di Buletin STUDIA 12 tahun silam—tahun 2000 (ini juga buletin remaja yang saya kelola bersama kawan-kawan sebelum saya dan kawan-kawan lainnya mengelola gaulislam di tahun 2007). Ya, rasa-rasanya cocok kalo ditulis ulang (tentu dengan beberapa update informasi) untuk merespon gonjang-ganjing pembahasan RUU KKG (Rancangan Undang-Undang Keadilan dan Kesetaraan Gender) di DPR yang diprotes banyak kaum muslimin. Wah, gaulislam ngebahas yang serius nih? Iyalah. Kan kalo ngebahas soal musik udah, ngebahas soal boyband SuJu (Super Junior) yang berisikan cowok-cowok keren asal Korea yang bikin histeris para ELF (sebutan untuk para penggemar Super Junior) karena akan manggung selama tiga hari di Indonesia akhir April 2012 ini, gaulislam udah bahas secara umum tentang musik di edisi 231 dan edisi 233. Silakan dibaca lagi ya. Insya Allah mewakili.

TIM ICT MI DAN RA KECAMATAN DURENAN BEKERJA KERAS

Bagaimana tidak........ Blogg yang mereka desain selain belum sempurna isinya juga belum sempurna. Selain itu permintaan penyelesain data berbasis ICT datang silih berganti, yang satu belum selesai dikerjakan yang satu sudah datang lagi. Inilah tawaran dunia global. Kalau kita tidak secepatnya menyesuaikan akan tertinggal dan apa pedulinya mereka terhadap siapapun yang tidak bisa adaptasi tentu saja akan kena seleksi alam. Dari sebab itulah tim ICT MI dan RA Kec. Durenan mempersolid diri dan tentu saja meningkatkan ukhuwah dengan seluruh RA dan MI yang ada dengan pendekatan Andragogik, segala susuatu tidak ada yang tidak bisa kita pelajari kalau ada kemauan dan tawakal kepada Alloh. RA yang selama ini selalu bergantung pada MI harus merubah paradigma. Mau atau tidak RA juga harus mensingsingkan lengan membuang ketergantungan karena yang tergantung pasti akan dinomorduakan. Siapa bilang lembaga pendidikan yang semakin hari tidak semakin sibuk. Ingat brow.... tahun 2014 kita harus tinggal landas atau tinggal di landas dan tergilas. MI dan RA Kec. Durenan BANGKITLAH !!!!!!!!.........

Rabu, 25 April 2012

MEDIA PEMBELAJARAN


Media Pembelajaran

media pembelajaranMedia berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Dari ketiga pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.

GIS ( GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM )


Pengertian GIS

Sistem informasi geografis (Geographic Information System, GIS) adalah sistem yang dapat digunakan untuk menangkap, menyimpan, menganalisa, serta mengelola data dan karakteristik yang berhubungan yang secara spasial mengambil referensi ke bumi. Lebih jauh, sistem ini dapat didefinisikan sebagai sistem komputer untuk memadukan, menyimpan, membagi, serta menampilkan informasi yang mengambil acuan geografis.
Teknologi GIS menggunakan informasi digital yang didapatkan dari metode pembuatan data digital. Metode pembuatan yang umum digunakan adalah digitization, yaitu peta cetak atau rencana survey yang ditransfer ke dalam bentuk media digital menggunakan program komputer (Computer aided drafting, CAD) serta kapabilitas georeferencing.

KUNCI SUKSES

"T-H-I-N-K-B-I-G"

Ben Carson dikenal sebagai ahli bedah saraf dunia yang hebat. Padahal peraih penghargaan The Presidential Medal of Freedom 2008 dari Presiden AS ini waktu kecil dikenal sebagai anak miskin dan bodoh.

Suatu kali ibunya menyadarkannya bahwa ia sebenarnya bukan anak bodoh hanya kurang belajar. Maka sang ibu menekannya agar ia banyak membaca buku baik buku pelajaran maupun buku lainnya. Meski mereka miskin dan tak mampu beli banyak buku, ibunya meminjam buku-buku dari perpustakaan umum untuk dipelajari Ben. "Dalam kondisi miskin kita tak akan punya kesempatan untuk pergi ke mana-mana. Namun dengan buku kita bisa pergi ke mana pun kita mau, bisa jadi orang seperti apapun, dan bisa melakukan apapun yang kita inginkan," tutur ibunya.

Selasa, 24 April 2012

APA ITU SEKOLAH INKLUSI

Dalam tulisan terdahulu telah dijelaskan ada 20 kriteria anak yang tergolong berkebutuhan khusus (ABK) di antaranya yaitu tunanetra, tunarungu, tunawicara, tunagrahita, tuna daksa, tuna laras (anak dengan gangguan emosi, sosial dan perilaku), tuna ganda, lamban belajar, autis, dan termasuk pula anak dengan potensi kecerdasan luar biasa (genius). Untuk sebagian ABK tersebut khususnya tunanetra, tunarungu, tunawicara, tunagrahita, tuna daksa telah mempunyai tempat belajar khusus di Sekolah Luar Biasa. Bagimana untuk anak autis dan ABK yang lain dapat bersekolah? Pemerintah saat ini telah menyediakan Sekolah Inklusi, khususnya di kota-kota besar sudah berjalan. Apakah sekolah inklusi itu? Mengapa ada sekolah inklusi dan bagaimana sekolah inklusi memberikan pelayanan kepada ABK?

PROGRAM KERJA PPAI DURENAN TAHUN 2011/2012


PROGRAM KERJA
PPAI KEC. DURENAN TAHUN 2011/2012
( Untuk MI )

No.
Nama Kegiatan
Bulan
Ket.
A.
Standar Isi


1.
Kerangka Dasar Kurikulum
7

2.
Struktur Kurikulum Pendidikan Agama
7

3.
Struktur Kurikulum Pendidikan Umum
7

4.
Struktur Kurikulum Pend. Karakter
8

5.
SK / KD
8

B.
Standar Kompetensi Lulusan


1.
SKL Satuan Pendidikan MI
8

2.
SKL Pada Kelompok Mapel
9

3.
SKL Pada Semua Mapel
9

SOSIALISASI GIS PADA MI DAN RA SE KEC. DURENAN

Bak gayung bersambut. Pada hari Sabtu, tgl. 21 April yang lalu semua Tim ITC MI se Durenan Raya berkumpul untuk menyatukan langkah untuk go to DUNIA MAYA. Harapan kita MI tidak hanya berstandar nasional tetapi harus berstandar dinia dan akhirat. Menyoal urusan akhirat di MI tempatnya. Tetapi menggagas MI untuk go international harus dirintis dari segala lini. Cara pandang segenap civitas madrasah alias paradigmanya harus diservice. Meski hanya email, Fb dan blogger telah dimiliki seluruh RA dan MI se Durenan Raya beserta gurunya.

Minggu, 22 April 2012

MENYUSUN RPP ( Ala Media Guru )


RPP Menggunakan Tahapan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi ( RPP Berkarakter )

Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.
Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mencantumkan identitas
  • Nama sekolah
  • Mata Pelajaran
  • Kelas/Semester
  • Alokasi Waktu

PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH SD/MI KEC. DURENAN TAHUN 2011/2012




Pelaksanaan Ujian Sekolah sebelum pelaksanaan UN adalah pemilihan scedule yang sangat tepat karena US sekaligus sebagai uji coba pelaksanaan UN. Tetapi apabila piranti US ( naskah dan LJ nya ) belum setandar UN hal inilah yang jelas tidak akan ada korelasi alias tidak signifikan. Inilah gambaran US di Kec. Durenan pada tahun ini dan bahkan mungkin se-Kab. Trenggalek.  Padahal semua lembaga telah menyiapkan segala sesuatunya termasuk penyiapan ruang dan administrasi lembaga sudah amat sangat baik.

Jumat, 20 April 2012

PROGRAM

dalam pengembangan

PROGRAM

dalam pengembangan

PROGRAM


 JADWAL KEGIATAN
KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
( KKG PAI – SD )
KECAMATAN DURENAN
“ Peningkatan Kinerja Guru Dengan PKB “
Bulan: April – Juni 2012

NO.
JUM.AT
TANGGAL
MATERI KEGIATAN
PEMATERI
1.
06 April 2012
Tanggal Merah : Wafat Isa Al-Masih

2.
13 April 2012
1.     Membedah Instrumen Penilaian Kinerja Guru
2.     Menetapkan Jadwal PKG Minggu ke-1
Drs. SUPRIADI, MSI
3.
20 April 2012
1.     Evaluasi atas Pelaksanaan Penilaian Kinerja Minggu ke-1
2.     Bedah Instrumen dan Menetapkan Jadwal PKG Minggu ke-2
Drs. SUPRIADI, MSI
4.
27 April 2012
1.      Evaluasi atas Pelaksanaan Penilaian Kinerja Minggu ke-2
2.      Bedah Instrumen dan Menetapkan Jadwal PKG Minggu ke-3
Drs. SUPRIADI, MSI

SUPERVISI HASIL PENILAIN AKHIR

Penilain akhir bagi kelas 6 pada MI terdiri :
1. Ujian semester 12
2. Ujian Akhir Yayasan (UAMNU bagi LP Ma'arif)
3. Ujian Akhir Madrasah Bersatandar Nasional (UAMBN: khusus mapel agama dan Bhs. Arab: Naskah
    dari Kanwil Kemenag)
4. Ujian Akhir Sekolah ( Mapel Umum: Naskah soal dari Dikbud)
5. Ujian Praktik
6. Ujian Akhir Nasional
7. Nilai Rapot mulai semester 7 hingga semester 11

PEMBINAAN TEAM ITC MI SE-DURENAN RAYA


Mengakhiri kesibukan pelaksanaan US SD/MI di Kecamatan Durenan minggu ini sisa hari tidak disia-siakan begitu saja satu hari berlalu tanpa makna. Tepatnya Sabtu, 21 April 2012 diadakan kegiatan: 1. Koreksi bersama US SD/MI bertempat di SDN 1 Durenan. 2. Workshop guru-guru / team ITC MI bertemat di MI Nurul Huda Semarum dengan agenda : a. Validasi Nilai UAMBN MI. b. Kajian ulang aplikasi NA dan input NA MI. c. Aktifasi Blogg dan email MI. d. Setting edualarm pada semua MI menyongsong UN tgl. 07 Mei 2012. e. Link Blogg lembaga binaan dengan MI. RTL dari kegiatan ini akan diadakan pertemuan lanjutan pada hari Rabu, 25 April 2012 pada tempat yang sama dengan agenda chek and rechek dari kegiatan ini.    












MONITORING US SD/MI TAHUN 2012 KEC. DURENAN

Ujian akhir sekolah yang disingkat US baik SD maupun MI di Kecamatan dilaksanakan serentak mulai hari Senin, tanggal 16 hingga Jum'at tanggal, 20 April 2012. Pengawasan US di Kec. Durenan dilaksanak dengan silang penuh antar lembaga/antara SD/MI yang satu dengan SD/MI yang lain. SD/MI di Kec. Durenan yang menyelenggarakan US pada tahun ini terdiri dari 7 MIS, 28 SDN dan 1 SDS ( Mutiara Umat ) yang merupakan SDS yang pertama kali menyelenggarakan US/UN pada tahun ini, yang tempat penyelenggaraan US/UN nya bergabung dengan SDN 2 Ngadisuko karena belum akreditasi karena belum pernah meluluskan siswanya. Dari hasil monitoring kami di lapangan/lembaga penyelenggara baik di SD maupun MI kami peroleh masukan bahwa secara umum penyelenggaraan US tahun ini di Kec. Durenan kwalitas penyelenggaraan maupun naskahnya mengalami penurunan. Hal ini terbukti dengan:

PENGUMUMAN

A. Agenda Kegiatan PPAI ( Senin - Sabtu: 23 - 28 April 2012)
     1. Senin, 23 April 2012                         : - Ferivikasi nilai US SD/MI di Gugus
                                                                    - Mengedarkan undangan pembinaan calon pengawas ruang UN    
                                                                      dari MI untuk hari Sabtu 28 April 2012 di MIM Kamulan
                                                                   - Mengkoordinir pengumpulan ferivikasi nilai UAMBN

KONTAK

ALAMAT KANTOR

dalam pengembanganasdaaS

PENGAWAS

dalam pengembangan

GPAI

dalam pengembangan

MI/SD




NAMA – NAMA
LEMBAGA MI BINAAN PPAI KEC. DURENAN

NO.
NSM
NAMA LEMBAGA
KET.
01.
111235030012
MI NURUL IMAN GADOR

02.
111235030013
MIM KAMULAN

03.
111235030014
MIWB HIDAYATUT THULAB KAMULAN

04.
111235030015
MI MIFTAKHUL HUDA PAKIS

05.
111235030016
MI NURUL HUDA SEMARUM

06.
111235030017
MI TASMIRIT TARBIYAH SUMBERGAYAM

07.
111235030018
MI NURUL ULUM KENDALREJO

RA/BA/TA DURENAN





033
034
035
036
037
038
039