TUGAS-TUGAS NARAKARYA 1 PASCA KMD 2012
|
TUGAS I
Salam Pramuka, Kakak-Kakak untuk tugas pertama MP adalah :
1.
|
Membuat Struktur Gugusdepan lengkap
|
2.
|
Terangkan dengan singkat tugas dan fungsi Ka. Mabigus
|
3.
|
Siapkan buku administrasi Kakak
|
Silahkan dikerjakan di buku tugas Apabila mengalami kesulitan konsultasikan dengan Pelatih
|
TUGAS 2
Penugasan Narakarya 1 Pasca KMD
Salam Pramuka , Para Pembina yang telah mengkuti KMD dan akan mengikuti kejenjang selanjutnya yaitu KML hendaknya mengikuti kegiatan Masa Pengembangan/Narakarya 1. Maksud dan tujuannya adalah mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dari KMD. Semoga pengalaman yang telah Kakak alami dapat menambah wawasan guna meningkatkan diri dan adik didik kakak dalam menimbah ilmu kepramukaan.
Untuk tugas pertama Narakarya 1 ini adalah sbb :
1.
|
Kakak baca Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tahun 2009 pahami dengan seksama.
|
2.
|
Cari Salah satu Bab dan Pasal yang menyangku Status Hukum Organisasi Gerakan Pramuka.
|
3.
|
Bagaimana menurut Kakak dengan adanya Organisasi yang menyerupai dengan Gerakan Pramuka.
|
4.
|
Terangkan sala-satu pasal yang berhubungan dengan tanggungjawab seorang pembina terhadap dirinya, keluarganya, serta adik didiknya.
|
Selamat mengerjakan Jangan lupa diskusikan dengan teman kelompokmu Konsultasikan dengan pelatih yang telah kakak tunjuk.
|
TUGAS 3
Salam Pramuka, Semoga sampai hari ini Kakak tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dari Lemdikacab Sidoarjo. Kakak setiap kali kita sebenarnya digaruskan membuat rencana harian , atau sering kali disebut dengan buku harian. Untuk apa rencana di buat, yaitu untuk mengetahui sampai sebarapakan kita dalam satu hari menkjalankan aktifitas. Dengan demikian kita dapat mengevaluasi apakag kita telah berhasil atau belum untuk mencapai suatu tujuan.
Nah, sekarang Kakak silahkan mengerjakan tugas berikut ini
1.
|
Buatlah Program/Rencana Kerja Gugusdepan yang kakak Bina selama satu tahun.
|
2.
|
Dari Program satu tahun Kakak Buat Program Kerja Triwulan .
|
3.
|
Dari Program kerja tri wulan Kakak buat program kegiatan mingguan, dilengkapai dengan waktu, tempat kegiatan, alat bantu membina yang digunakan,
|
Selamat mengerjakan Jangan lupa diskusikan dengan teman kelompokmu Konsultasikan dengan pelatih yang telah kakak tunjuk.
Sekretariat Pusdiklatcab Trenggalek
Ditengah tengan hutan Dibawa langin biru Tenda terpancang di tiup sang bayu
Api menjilat jilat Terang rimbah raya Membawa kelana dalam impian
Dengarlah-dengarlah Sayup sayup Suara nan merdu memecah alam Jauhlah dari kampung Turuti kata hati Guna bakti pada bunda pertiwi
|
TUGAS 4
Penugasan Narakarya 1 Pasca KMD
Salam Pramuka , Setiap kali mau mengadakan kegiatan Pramuka pastila di dahului dengan pembuatan proposal. Karena dengan proposal sistimatika kegiatan terlihat jelas dari administrasi samapai dengan Rencana kegiatan.
Tugas kali ini Kakak. Dimohon untuk membuat Kegiatan pramuka dengan pilihan sebagai berikut ;
1.
|
Pesta Siaga tingkat Kwartir Ranting *)
|
2.
|
Jambore Ranting *)
|
3.
|
Perkemahan Wira Karya Ranting *)
|
4.
|
Buatlah Surat Edaran ke Gugusdepan
|
5.
|
Buatlah Surat Ijin Tempat/Lokasi
|
Keterangan : *). Pilih salah satu
Selamat mengerjakan Jangan lupa diskusikan dengan teman kelompokmu Konsultasikan dengan pelatih yang telah kakak tunjuk.
Sekretariat Pusdiklatcab Trenggalek
|
TUGAS-TUGAS MP PASCA KML
|
PENUGASAN 1 MP KML 2010
Judul : Pendidikan Progresif untuk Kepramukaan abad 21 Tujuan : Setelah ini para peserta dapat menjelaskan tentang Pendidikan Progresif untuk Kepramukaan dan Kepramukaan abad 21 Tugas :
1.
|
Baca ” Kepramukaan Merupakan Pendidikan Progresif ” dan Kepramukaan abad 21
|
2.
|
Analisa dan apa yang dimaksud keduanya
|
3.
|
Tuangkan kasil analisamu dalam buku tugas
|
4.
|
Konsultasikan dengan Pelatih yang ditunjuk
|
|
PENUGASAN 2 MP KML 2010
Judul : Program Kegiatan Peserta Didik ( Prodik ) Tujuan : Peserta dapat menyusun Program Kegiatan Peserta didik bersama – sama dengan Peserta didik dan dapat mengaplikasikan di Satuannya Sasaran : 1.Menyusun Prodik yang dibutuhkan peserta didik. 2.Menyusun Prodik yang menjaman 3.Melaksanakan Prodik dengan konsisten 4.Menyusun Prodik yang Progresif Tugas:
1.
|
Buatlah Program Kegiatan Satuan Kakak selama 6 (enam) bulan kedepan
|
2.
|
Konsultasikan dengan semua unsur satuan di gugusdepan
|
3.
|
Cakupan Prodik terdiri dari : -Kapan ada ujian SKU, Kapan ada pelantikan, Kapan Penyematan TKK, Kapan mengadakan kunjungan Satuan ke Gugusdepan lain, kapan siap menerima kunjungan konsultan MP, serta unsur-unsur lain.
|
4.
|
Lihatlah kembali “ Prodik” KMD
|
5.
|
Bila mengalami kesulitan konsultasikan dengan Pelatih Konsultan Kakak .
|
6.
|
Buatlah 3 lembar, 1 untuk buku tugas, 1 untuk Satuan Kakak, 1 untuk Gugusdepan Kakak. Prodik yang Kakak buat harus di syahkan oleh Pembina Gudep dan Mabigus.
|
|
PENUGASAN 3 MP KML 2010
Judul : Merencanakan kegiatan Satuan ( kegiatan Besar ) Tujuan : Peserta MP mampu merencanakan suatu kegiatan besar bagi Satuan Sasaran : Peserta MP dapat : 1.Kemampuan untuk menerapkan Satya Darma bagi Pramuka 2.Kemampuan menyalurkan kegemaran berlomba para Pramuka. 3.Kemampuan membina, ,mengembangkan mental / fisik, moral, intelektual,emosional dan sosial bagi para Pramuka. 4.Mampu mengembangkan rasa percaya diri. 5.Kemampuan merencanakan suatu kegiatan besar bagi para Pramuka. Tugas :
1.
|
Buatlah suatu rencana / proposal kegiatan besar : Lomba Tingkat I (LT 1) untuk Penggalang Raimuna Ambalan selama se hari untuk Penegak
|
2.
|
Proposal bersifat menyeluruh yang memuat - Pendahuluan - Susunan Panitia - Sasaran - Jadwal Perencanaan - Dasar dan Moto - Jadwal Kegitan - Waktu dan Tanggal - Persyaratan Peserta
|
3.
|
Diskusikan dengan kelompok Kakak atau Pelatih yang Kakak inginkan
|
4.
|
Tulis dalam buku tugas dan Presentasikandi hadapan Pelatih dan peserta MP lainnya.
|
|
PENUGASAN 4 MP KML 2010
Judul : Membaca buku “ MEMANDU UNTUK PUTRA” atau Scouting for boys karangan Boden Powell Tujuan : Agar peserta MP, memahami mengetahui latar belakang keinginan Baden Powell untuk memberikan Kepramukaan kepada anak dan Pemuda Inggris Sasaran : Peserta MP dapat : 1.Memahami logika Boden Powell 2.Memahami obsesi Boden Powell yang sampai jaman modern ini masih juga relevan untuk dilaksanakan 3.Menjiwai benar maksud Boden Powell 4.Mengevaluasi kelemahan / kekurangan pada saat dilaksanakan.
Tugas :
1.Baca buku acuan Dasar Kepramukaan “MEMANDU UNTUK PUTRA/ SCOUTING FOR BOYS” 2.Kakak dapat meminjam di Perpustakaan umum atau membeli buku tersebut sendiri. 3.Buatlah sinopsisnya 4.Apa kesan Kakak terhadap buku tersebut dan juga terhadap Boden Powell ? 5.Tulis dalam buku tugas Kakak.dan presentasikan di depan Pelatih atau peserta MP lainnya 6.Diskusikan dengan kelompok Kakak atau Pelatih yang Kakak inginkan
|
PENUGASAN 5 MP KML 2010
Judul : “KOMUNIKASI DALAM PERMAINAN” Tujuan : Peserta memiliki kemampuan mengimplementasikan komunikasi dalam permainan yang dilakukan pada acara latihan Sasaran : Peserta MP dapat 1. Mencitakan permainan untuk kegiatan satuan yang berintikan “KOMUNIKASI” 2. Melaksanakan permainan yang telah direncanakan 3. Mengevaluasi kelemahan / kekurangannya pada saat dilaksanaan
Tugas :
1.
|
Buatlah dua macam permainan untuk Penggalang dan dua macam permainan untuk Penegak yang dapat dilaksanakan padaacara latihan satuan yang bertemakan “ KOMUNIKASI “
|
2.
|
Tulislah dengan jelas kegiatan apa, bagaimana cara melaksanakannya, siapa yang melaksanakan, bagaimana partisipasi peserta didik.
|
3.
|
Permainan yang kakak buat tidak menyimpang darii Prodik satuan Kakak.
|
4.
|
Kakak dapat berdiskusi dengan kelompokatau dengan konsultan / Pelatih yang Kakak inginkan
|
5.
|
Tulis dalam buku tugas Kakak
|
6.
|
Presentasikan tugas Kakak didepan peserta MP lainnya.
|
|
PENUGASAN 6 MP KML 2010
Judul : KOMPETENSI Tujuan : Agar peserta MP memahami, menghayati, bahwa menjadi Pembina Mahir bukanlah hal yang ringan Sasaran : Peserta MP dapat : 1.Menjadi Pembina Mahir yang berkualitas 2.Pembina Mahir yang memiliki kecerdasan intelektual,emosional dan spiritual yang memadai 3.Menjadi Pembina Mahir yang dapat dijadikan Panutan, utamanya bagi peserta didik dan Pembina.
Tugas :
1.
|
Memahami dan menghayati lagi materi / bahan serahan KMD / KML
|
2.
|
Jawablah pertanyaan sebagai berikut: Pembina Mahir yang bagaimana yang diharapkan dalam Keputusan Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka No. 090 Tahun 2001 Jujurlah pada diri sendiri, apakah Kakak sudah seperti yang diharapkan seperti itu ? Bila Kakak menjawab pertanyaan 2.2. dengan jawaban “ SUDAH” tulislah kemampuan apa saja yang Kakak miliki. Bila Kakak menjawab “BELUM” tulislah apa kekurangan Kakak dan bagaimana mengatasi kekurangan itu Dari sisi altitude, benarkah Kakak sudah memiliki nilai sebagaimana yang diharapkan ? bila sudah, kualitas nilai apa yang Kakak miliki dan bila belum bagaiman memperbarui nilai yang Kakak miliki
|
3.
|
Tulis jawaban pada buku tugas
|
4.
|
Kakak dapat berdiskusi dengan kelompok Kakak, konsultan atau Pelatih lain yang Kakak inginkan.
|
|
PENUGASAN 7 MP KML 2010
Judul : Membaca buku “ MENGEMBARA MENUJU BAHAGIA” atau ROVERING TO SUCCES karangan Boden Powell Tujuan : Agar peserta MP dapat: 1.Memahami, menghayati pikiran-pikiran Boden Powell 2.Mengimplementasikan pikiran-pikiran Boden Powell di satuannya masing-masing. 3.Mengambil intisari pikiran-pikiran Boden Powell
Sasaran : Peserta MP dapat : Membaca, memahami, menghayati, mengambil pikiran-pikiran Boden Pwell dan dapat menimplementasikan dalam kegiatan satuan.
Tugas :
1.Baca buku acuan Dasar Kepramukaan “Menuju Bahagia atau Roverng To success 2.Kakak dapat meminjam di Perpustakaan umum atau membeli buku terSebut sendiri. 3.Kakak dapat berdiskusi dengan kelompok, atau onsultasi dengan Pelatih Konsultan atau pelatih lain yang Kakak inginkan 4.Jawablah Pertanyaan berikut : a.Apa kesan Kakak tentang Buku itu b.Apa kesan Kakak tentang Boden Powell c.Buatlah sinopsisnya d.Tulis semua jawaban pada buku tugas
|
PENUGASAN 8 MP KML 2010
Judul : Scouting Skill Tujuan : Peserta dapat melaksanakan sendiri Scouting Skill di Satuan Sasaran : Peserta MP dapat : 1.Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi salah satu kegiatan scouting skill disatuan. 2.Menyiapkan Peserta didik agar mempunyai kemampuan yang sama. 3.Menyadari pentingnya scouting skill dalam pengembangan diri peserta didik
Tugas : Salah satu kegiatan scouting skill adalah baris berbaris dan bentuk – bentuk barisan. Bentuk-bentuk barisan antara lain , lingkaran, angkare, saf, lomba, anak panah, setengah lingkaran. Bila Kakak membina Perindukan / Pasukan / Ambalan yang terdiri dari 5 (lima) barung/ Regu/ sangga.:
1. Dimana posisi masing-masing satuan kecil tersebut dalam setiap bentuk barisn diatas. 2. Bagaimana aba-aba atau tanda yang Kakak berikan untuk masing-masing bentuk ? 3. Sebutkan posisi barung / regu / sangga n0 1 dan n0. 5 untuk tiap bentuk ? 4. Agar jelas gambarlah, dan tunjukkanposisinya. 5. Carilah literatur yang yang diperlukan atau berdiskusilah dengan kelompok Kakak, atau 6. Konsultasikan dengan Pelatih Konsultan atau Pelatih yang Kakak inginkan. 7. Tulis Jawaban dibuku tugas.
|
PENUGASAN 9 MP KML 2010
Judul : Api Unggun Tujuan : Peserta dapat merencanakan kegiatan Api Unggun untuk Pramuka di Satuan Sasaran : Peserta MP dapat : 1.Merencanakan, kegiatan Api unggun yang berkesan bagi para Pramuka 2.Menyusun acara Upacara Pembukaan dan Penutupan Api Unggun 3.Menciptakan suasana yang riang gembira dalalm kegiatan api unggun
Tugas :
1.Susunlah Urutan acara a.Upacara Pembukaan Api unggun di Satuan Kakak yang tidak berbahaya tetapi amat mengesankan. b.Acara kegiatan Api Unggun c.Upacara Penutupan Api unggun 2.Api unggun yang di maksud adalah menggunakan kayu 3.Lihatlah referensinya di buku KMD / KML / buku lain. 4.Diskusikan dengan kelompok Kakak, konsultasikan dengan Pelatih konsultan atau Pelatih yang Kakak inginkan. 5.Tulis di buku tugas
|
PENUGASAN 10 MP KML 2010
Judul : Management Skill Tujuan : Peserta MP Memiliki kemampuan merencanakan kegiatan yang menjaman dan dibutuhkan Pramuka Satuannya Sasaran : 1. Merencanakan kegiatan di satuan diluar kegiatan latihan rutin 2. Menciptakan kegiatan yang menarik untuk satuannya
Tugas :
1. Rencanakan kegiatan PERSARI (Perkemahan Sehari) , untuk salah satu Golongan 2. Hanya susunan acara dengan Silabus sbb:
No.
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
SASARAN KEGIATAN
|
LANGKAH KEGIATAN
|
PETUGAS
|
PESERTA
|
KETERANGAN
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
.....
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Kakak dapat berdiskusi dengan kelompok Kakak, atau dengan Pelatih 4. Konsultan atau Pelatih yang Kakak inginkan.
|
PENUGASAN 11 MP KML 2010
Judul : Membina Satuan Tujuan : Agar Peserta MP memiliki dan dapat menghayati sistem Pendidikan dalam Kepramukaan Sasaran : Agar peserta MP dapat 1. Memiliki kemampuan membina satuan dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan 2. Mampu Menciptakan kegiatan Satuan dilatar belakangi dengan kemampuan Learning to Live (Mencari Nafkah untuk Hidup) Tugas : Salah satu upaya mencapai tujuan Gerakan Pramuka adalah mendasari semua kegiatan yang dilakukan Pembina dengan Prinsip Dasar dan Metode Gerakan Pramuka Salah satu hal kecil dari sistem yang Besar adalah Learning to Live untuk semua Golongan : 1. Buatlah 3 (tiga) Kegiatan yang mengarah Kepada Learning to Live tersebut. 2. Pakai sistematika
No.
|
NAMA KEGIATAN
|
GOLONGAN
|
SASARAN KEGIATAN
|
LANGKAH KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
.....
|
|
|
|
|
|
3. Diskusikan dengan kelompo |Kakak, konsultasikan dengan Pelatih Konsultan atau Pelatih yang lain 4.Tulis di buku tugas
|
salam Pramuka...
BalasHapus" be prepared "
"satu Pramuka untuk satu Indonesia"
Salam berkah ilmunya!
BalasHapusSalam Pramuka 👍👍👍
BalasHapusSalam Pramuka 👍👍👍
BalasHapusWah masih blm terlalu paham
BalasHapusSalam Pramuka
BalasHapusSalam Pramuka
BalasHapusTerima kasih Kak atas petunjuk tugas narakarya bagi paska KMD maupun KML yg dipublikasikan
BalasHapus