f LESSON STUDY SEBAGAI ALTERNATIF TERFAMILIER DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN ~ Drs. SUPRIADI, MSI

Selasa, 15 Januari 2013

LESSON STUDY SEBAGAI ALTERNATIF TERFAMILIER DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN


Lesson Study = Studi Pembelajaran
¨Ingin proses pembelajaran sukses
¨Terjadi interaksi antara siswa dengan siswa lain, siswa dengan guru dan siswa dengan bahan ajar
¨Guru profesional
  a. Melakukan persiapan pembelajaran secara maksimal
  b. Melakukan pengembangan bahan ajar
  c. Menguasai substansi materi
  d. …. dan lain-lain


Fakta di lapangan :
¨Guru tidak suka diamati
¨Guru tidak mau dikritik
¨Yang penting guru masuk kelas
¨Yang penting siswa hadir di kelas
¨Supervisi oleh kepala madrasah/pengawas belum optimal
¨Belajar mengajar belum menjadi kesadaran, masih formalitas saja
 Akibatnya
 
¨Jika terjadi missconception materi yang diajarkan, guru tidak menyadari sehingga terjadi kesalahan secara turun temurun
¨Proses pembelajaran kurang dinamis
¨Kurangnya motivasi (guru maupun siswa) dalam peningkatan kualitas pembelajaran
¨Bila ada supervisi, guru salah tingkah apalagi merasa kurang persiapan
Upaya yang dapat dilakukan 
 
¨Meningkatkan kualitas pembelajaran
¨Guru bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran
¨Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh persiapan yg matang
¨Melakukan kolaborasi antar guru untuk peningkatan kualitas pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar