Lesson Study = Studi
Pembelajaran
¨Ingin proses pembelajaran sukses
¨Terjadi interaksi antara siswa dengan siswa lain, siswa dengan guru dan siswa dengan bahan ajar
¨Guru profesional
a. Melakukan persiapan pembelajaran secara maksimal
b. Melakukan pengembangan bahan ajar
c. Menguasai substansi materi
d. …. dan lain-lain
Fakta di lapangan :
¨Guru tidak suka diamati
¨Guru tidak mau dikritik
¨Yang penting guru masuk kelas
¨Yang penting siswa hadir di kelas
¨Supervisi oleh kepala madrasah/pengawas belum optimal
¨Belajar mengajar belum menjadi kesadaran, masih formalitas saja
Akibatnya…
¨Jika terjadi missconception materi yang diajarkan, guru tidak menyadari sehingga terjadi kesalahan secara turun temurun
¨Proses pembelajaran kurang dinamis
¨Kurangnya motivasi (guru maupun siswa) dalam peningkatan kualitas pembelajaran
¨Bila ada supervisi, guru salah tingkah apalagi merasa kurang persiapan
Upaya yang dapat dilakukan
¨Meningkatkan kualitas pembelajaran
¨Guru bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran
¨Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh persiapan yg matang
¨Melakukan kolaborasi antar guru untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar