f TUGAS NARAKARYA 2 PASCA KML ARGOAYU LX 2012 KWARCAB TRENGGALEK ~ Drs. SUPRIADI, MSI

Kamis, 03 Januari 2013

TUGAS NARAKARYA 2 PASCA KML ARGOAYU LX 2012 KWARCAB TRENGGALEK

TUGAS-TUGAS NARA KARYA 2 ( PASCA KML )


PENUGASAN 1NK KML 2012Judul        : Pendidikan Progresif untuk Kepramukaan abad 21Tujuan    : Setelah ini para peserta dapat menjelaskan tentang Pendidikan Progresif untuk Kepramukaan dan Kepramukaan abad 21Tugas        :
1.
Baca ” Kepramukaan Merupakan Pendidikan Progresif ” dan  Kepramukaan abad 21
2.
Analisa dan apa yang dimaksud keduanya
3.
Tuangkan kasil analisamu dalam buku tugas
4.
Konsultasikan dengan Pelatih yang ditunjuk
PENUGASAN 2NK KML 2012Judul      : Penghayatan dan Penerapan Metode KepramukaanTujuan    : Peserta dapat memahami dan mengayati serta dapat menerapkan Metode Kepramukaan dapat mengaplikasikannya di dalam pembinaan di SatuannyaSasaran  :1.Menghayati dan mengerti alasan mengapa Kepramukaan memakai 8 metode tsb.2.Mengetahui cara menerapkan metode dalam satu kesatuan3.Melaksanakan Prodik dengan 8 metode Kepramukaan
Tugas:
1.
Mengapa Kepramukaan memakai metode tersebut
2.
Apa yang membedakan metode dengan pendidikan lain
3.
Mengapa 8 metode itu merupakan satu sistem yang tidak boleh dipisahkan ?
4.
Terapkan 8 metode itu dalam pembinaan 
5.
Bila mengalami kesulitan konsultasikan dengan  Pelatih Konsultan Kakak .
6.
Buatlah prodik dengan menerapkan 8 metode kepramukaan

PENUGASAN 3NK KML 2012Judul      : Program Kegiatan Peserta Didik ( Prodik )Tujuan    : Peserta dapat menyusun Program Kegiatan Peserta didik bersama – sama dengan Peserta didik dan dapat mengaplikasikan di SatuannyaSasaran  :1.Menyusun Prodik yang dibutuhkan peserta didik.2.Menyusun Prodik yang menjaman3.Melaksanakan Prodik dengan konsisten4.Menyusun Prodik yang ProgresifTugas:
1.
Buatlah Program Kegiatan Satuan Kakak selama 6 (enam) bulan kedepan
2.
Konsultasikan dengan semua unsur satuan di gugusdepan
3.
Cakupan Prodik terdiri dari :
-Kapan ada ujian SKU, Kapan ada pelantikan, Kapan Penyematan TKK,  Kapan mengadakan kunjungan Satuan ke Gugusdepan lain, kapan siap menerima kunjungan konsultan MP, serta unsur-unsur lain.
4.
Lihatlah kembali “ Prodik” KMD
5.
Bila mengalami kesulitan konsultasikan dengan  Pelatih Konsultan Kakak .
6.
Buatlah 3 lembar, 1 untuk buku tugas, 1 untuk Satuan Kakak, 1 untuk Gugusdepan Kakak.
Prodik yang Kakak buat harus di syahkan oleh Pembina Gudep dan Mabigus.

PENUGASAN 4NK KML 2012Judul       :  Merencanakan kegiatan Satuan ( kegiatan Besar )Tujuan    : Peserta MP mampu merencanakan suatu kegiatan besar bagi SatuanSasaran  : Peserta MP dapat :1.Kemampuan untuk menerapkan Satya Darma bagi Pramuka2.Kemampuan menyalurkan kegemaran berlomba para Pramuka.3.Kemampuan membina, ,mengembangkan mental / fisik, moral, intelektual,emosional dan sosial bagi para Pramuka.4.Mampu mengembangkan rasa percaya diri.5.Kemampuan merencanakan suatu kegiatan besar bagi para Pramuka.Tugas    :
1.
Buatlah suatu rencana / proposal kegiatan besar :
Lomba Tingkat I (LT 1) untuk Penggalang
Raimuna Ambalan selama se hari untuk Penegak
2.
Proposal bersifat menyeluruh yang memuat
- Pendahuluan
- Susunan Panitia
- Sasaran
- Jadwal Perencanaan
- Dasar dan Moto
- Jadwal Kegitan
- Waktu dan Tanggal
- Persyaratan Peserta
3.
Diskusikan dengan kelompok Kakak atau Pelatih yang Kakak inginkan
4.
Tulis dalam buku tugas dan Presentasikandi hadapan Pelatih dan peserta MP lainnya.

PENUGASAN 5NK KML 2012Judul : Membaca buku “ MEMANDU UNTUK PUTRA” atau Scouting for boys karangan Boden PowellTujuan : Agar peserta MP, memahami  mengetahui latar belakang keinginan Baden Powell untuk memberikan Kepramukaan kepada anak dan Pemuda InggrisSasaran : Peserta MP dapat :1.Memahami logika Boden Powell2.Memahami obsesi Boden Powell yang sampai jaman modern ini masih juga relevan untuk dilaksanakan3.Menjiwai benar maksud Boden Powell4.Mengevaluasi kelemahan / kekurangan pada saat dilaksanakan.
Tugas            :
1.Baca buku acuan Dasar Kepramukaan “MEMANDU UNTUK PUTRA/ SCOUTING FOR BOYS”2.Kakak dapat meminjam di Perpustakaan umum atau membeli buku tersebut sendiri.3.Buatlah sinopsisnya4.Apa kesan Kakak terhadap buku tersebut dan juga terhadap Boden Powell  ?5.Tulis dalam buku tugas Kakak.dan presentasikan di depan Pelatih atau peserta MP lainnya6.Diskusikan dengan kelompok Kakak atau Pelatih yang Kakak inginkan


PENUGASAN 6NK KML 2012Judul : “KOMUNIKASI DALAM PERMAINAN”Tujuan : Peserta memiliki kemampuan mengimplementasikan komunikasi dalam permainan yang dilakukan pada acara latihanSasaran : Peserta MP dapat1. Mencitakan permainan untuk kegiatan satuan yang berintikan “KOMUNIKASI”2. Melaksanakan permainan yang telah direncanakan3. Mengevaluasi kelemahan / kekurangannya pada saat dilaksanaan
Tugas        :
1.
Buatlah dua macam permainan untuk Penggalang dan dua macam permainan untuk Penegak yang dapat dilaksanakan padaacara latihan satuan yang bertemakan “ KOMUNIKASI “
2.
Tulislah dengan jelas kegiatan apa, bagaimana cara melaksanakannya, siapa yang melaksanakan, bagaimana partisipasi peserta didik.
3.
Permainan yang kakak buat tidak menyimpang darii Prodik satuan Kakak.
4.
Kakak dapat berdiskusi dengan kelompokatau dengan konsultan  / Pelatih yang Kakak inginkan
5.
Tulis dalam buku tugas Kakak
6.
Presentasikan tugas Kakak didepan peserta MP lainnya.

PENUGASAN 7NK KML 2012Judul : KOMPETENSITujuan : Agar peserta MP memahami, menghayati, bahwa menjadi Pembina Mahir bukanlah hal yang ringanSasaran : Peserta MP dapat :1.Menjadi Pembina Mahir yang berkualitas2.Pembina Mahir yang memiliki kecerdasan intelektual,emosional dan spiritual yang memadai3.Menjadi Pembina Mahir yang dapat dijadikan Panutan, utamanya bagi peserta didik dan Pembina.
Tugas :
1.
Memahami dan menghayati lagi materi / bahan serahan KMD / KML
2.
Jawablah pertanyaan sebagai berikut:
Pembina Mahir yang bagaimana yang diharapkan dalam Keputusan Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka No. 090 Tahun 2001
Jujurlah pada diri sendiri, apakah Kakak sudah seperti yang diharapkan seperti itu ?
Bila Kakak menjawab pertanyaan 2.2. dengan jawaban “ SUDAH” tulislah kemampuan apa saja yang Kakak miliki.
Bila Kakak menjawab “BELUM” tulislah apa kekurangan Kakak dan bagaimana mengatasi kekurangan itu
Dari sisi altitude, benarkah Kakak sudah memiliki nilai sebagaimana yang diharapkan ? bila sudah, kualitas nilai apa yang Kakak miliki dan bila belum bagaiman memperbarui nilai yang Kakak miliki
3.
Tulis jawaban pada buku tugas
4.
Kakak dapat berdiskusi dengan kelompok Kakak, konsultan atau Pelatih lain yang Kakak inginkan.

PENUGASAN 8NK KML 2012Judul : Membaca buku “ MENGEMBARA MENUJU BAHAGIA” atau ROVERING TO SUCCES  karangan Boden PowellTujuan : Agar peserta  MP dapat:1.Memahami, menghayati pikiran-pikiran Boden Powell2.Mengimplementasikan pikiran-pikiran Boden Powell di satuannya masing-masing.3.Mengambil intisari pikiran-pikiran Boden Powell
Sasaran : Peserta MP dapat :Membaca, memahami, menghayati, mengambil pikiran-pikiran Boden Pwell dan dapat menimplementasikan dalam kegiatan satuan.
Tugas :
1.Baca buku acuan Dasar Kepramukaan “Menuju Bahagia atau Roverng To success2.Kakak dapat meminjam di Perpustakaan umum atau membeli buku terSebut sendiri.3.Kakak dapat berdiskusi dengan kelompok, atau onsultasi dengan Pelatih Konsultan atau pelatih lain yang Kakak inginkan4.Jawablah Pertanyaan berikut :a.Apa kesan Kakak tentang Buku itub.Apa kesan Kakak tentang Boden Powellc.Buatlah sinopsisnyad.Tulis semua jawaban pada buku tugas


PENUGASAN 9NK KML 2012Judul : Scouting SkillTujuan : Peserta dapat melaksanakan sendiri Scouting Skill di SatuanSasaran : Peserta MP dapat :1.Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi salah satu kegiatan scouting skill disatuan.2.Menyiapkan Peserta didik agar mempunyai kemampuan yang sama.3.Menyadari pentingnya scouting  skill dalam pengembangan diri peserta didik
Tugas : Salah satu kegiatan scouting skill adalah baris berbaris dan bentuk – bentuk barisan. Bentuk-bentuk barisan antara lain , lingkaran, angkare, saf, lomba, anak panah, setengah lingkaran. Bila Kakak membina  Perindukan / Pasukan / Ambalan yang terdiri dari 5 (lima) barung/ Regu/ sangga.:
1. Dimana posisi masing-masing satuan kecil tersebut dalam setiap bentuk barisn diatas.2. Bagaimana aba-aba atau  tanda yang Kakak berikan untuk masing-masing bentuk ?3. Sebutkan posisi barung / regu / sangga n0 1 dan n0. 5 untuk tiap bentuk ?4. Agar jelas gambarlah, dan tunjukkanposisinya.5. Carilah literatur yang yang diperlukan atau berdiskusilah dengan kelompok Kakak, atau6. Konsultasikan dengan Pelatih Konsultan atau Pelatih yang Kakak inginkan.7. Tulis Jawaban dibuku tugas.


PENUGASAN 10NK KML 2012Judul : Api UnggunTujuan : Peserta dapat merencanakan kegiatan Api Unggun untuk Pramuka di SatuanSasaran : Peserta MP dapat :1.Merencanakan, kegiatan Api unggun yang berkesan bagi para Pramuka2.Menyusun acara Upacara Pembukaan dan Penutupan Api Unggun3.Menciptakan suasana yang riang gembira dalalm kegiatan api unggun
Tugas :
1.Susunlah Urutan acaraa.Upacara Pembukaan Api unggun di Satuan Kakak yang tidak berbahaya tetapi amat mengesankan.b.Acara kegiatan Api Unggunc.Upacara Penutupan Api unggun2.Api unggun yang di maksud adalah menggunakan kayu3.Lihatlah referensinya di buku KMD / KML / buku lain.4.Diskusikan dengan kelompok Kakak, konsultasikan dengan Pelatih konsultan atau Pelatih yang Kakak inginkan.5.Tulis di buku tugas


PENUGASAN 11NK KML 2012Judul : Management SkillTujuan :  Peserta MP Memiliki kemampuan merencanakan kegiatan yang menjaman dan dibutuhkan Pramuka SatuannyaSasaran :1. Merencanakan kegiatan di satuan diluar kegiatan latihan rutin2. Menciptakan kegiatan yang menarik untuk satuannya
Tugas :
1. Rencanakan kegiatan PERSARI (Perkemahan Sehari) , untuk salah satu Golongan2. Hanya susunan acara dengan Silabus sbb:
No.
WAKTU
KEGIATAN
SASARAN KEGIATAN
LANGKAH KEGIATAN
PETUGAS
PESERTA
KETERANGAN
1.
2.
3.
.....
3. Kakak dapat berdiskusi dengan kelompok Kakak, atau dengan Pelatih4. Konsultan atau Pelatih yang Kakak inginkan.


PENUGASAN 12NK KML 2012Judul : Membina SatuanTujuan : Agar Peserta MP memiliki dan dapat menghayati sistem Pendidikan dalam KepramukaanSasaran : Agar peserta MP dapat1. Memiliki kemampuan membina satuan dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan2. Mampu Menciptakan kegiatan Satuan  dilatar belakangi  dengan kemampuan Learning to Live (Mencari Nafkah untuk Hidup)Tugas : Salah satu upaya mencapai tujuan Gerakan Pramuka adalah mendasari semua kegiatan yang dilakukan Pembina dengan Prinsip Dasar dan Metode Gerakan PramukaSalah satu hal kecil dari sistem yang Besar adalah Learning to Live untuk semua Golongan :1. Buatlah 3 (tiga) Kegiatan yang mengarah Kepada Learning to Live tersebut.2. Pakai sistematika
No.
NAMA KEGIATAN
GOLONGAN
SASARAN KEGIATAN
LANGKAH KEGIATAN
KETERANGAN
1.
2.
3.
.....
3. Diskusikan dengan kelompo |Kakak, konsultasikan dengan Pelatih Konsultan atau Pelatih yang lain4.Tulis di buku tugas


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar