f PEDOMAN NARAKARYA KWARNAS ~ Drs. SUPRIADI, MSI

Senin, 24 September 2012

PEDOMAN NARAKARYA KWARNAS

Jenjang Sistem Diklat Anggota Dewasa (Bag.1)PDFPrintE-mail
Sistem Pendidikan dan Latihan untuk Anggota Dewasa merupakan bagian dari proses pembinaan anggota dewasa   yang secara garis besar terdiri atas kursus,  pertemuan dan kegiatan.
Kursus Pembina Pramuka Mahir
adalah kursus linier yang dilaksanakan secara beurut dan berjenjang.. Kursus ini terdiri atas dua jenjang yaitu:
1) Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) 
KMD adalah jenjang pertama Kursus Pembina Mahir. Peserta KMD adalah anggota dewasa ( Pembina) dan Pandega yang akan membina  peserta didik di Gugusdepan.
Narakarya I
Setelah selesai KMD, mereka  diharuskan melaksanakan masa pengembangan yang disebut dengan narakarya I, yaitu mempraktekkan dan mengembangkan pengetahuan yang diperolehnya, guna mendapatkan pengalaman membina pada gugusdepan selama 6 bulan . Pada masa pengembangan didampingi seorang Pelatih Pembina. Mereka yang telah menyelesaikan Narakarya I berhak mendapatkan surat keterangan dan Surat Hak Bina ( SHB).
Selanjutnya dapat mengikuti jenjang berikutnya
2) Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML)
KML adalah jenjang kedua Kursus Pembina Pramuka Mahir yang dititikberatkan pada praktek membina satuan. Peserta KML adalah lulusan KMD dan menyelesaikan masa pengembangan (Narakarya I ) dan akan memilih spesialisasi Pembina Pramuka Golongan Siaga, Penggalang dan  Penegak /Pandega
Narakarya II
Setelah mengikuti KML, seorang pembina harus melakukan masapemantapan  untuk membina pada gugudepan selama 6 bulan . Pada masa pemantapan didampingi seorang Pelatih Pembina. Mereka yang telah menyelesaikan Narakarya II berhak dilantik menjadi Pembina Mahir, mengenakan selendang dan pita mahir serta Ijasah.
Kursus Pembina Pramuka Mahir (Dasar dan Lanjutan) merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan, karena saling melengkapi.
Skema Penjejangan pada KMD dan KML :
 Image
 Baca SK  Kwarnas ( Lbr.1) tentang Sistem Diklat Bagi Anggota Dewasa Klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar